Seperti halnya peramban atau browser pada umumnya, Google Chrome secara mendasar akan mengizinkan situs web, aplikasi, atau extension untuk mengirimkan notifikasi. Atau mungkin ketika kita download dari adf.ly / skip iklan yang lainnya, kadang juga diharuskan Allow Notification.

Sayangnya, meskipun kadang berguna bagi sebagian orang, munculnya notifikasi di Chrome juga bisa sangat mengganggu. Bisa saja notifikasi tersebut berasal dari situs atau aplikasi web yang tidak kita inginkan. Bahkan jika kita menggunakan Windows 10, notifikasi yang muncul mirip dari desktop OS, seperti contoh yang ada di pojok kanan bawah pada gambar thumbnail diatas.

Karena hal tersebut, Google pun memberikan pengaturan khusus notifikasi di Chrome baik Desktop maupun Android yang bisa digunakan untuk menghilangkannya.

Desktop / Windows

Kita bisa menghilangkan notifikasi di Google Chrome dengan menekan tombol Lainnya (ikon titik tiga di pojok kanan atas), lalu memilih Settings.

Jika halaman Settings sudah terbuka, gulir ke bawah dan tekan tombol Advanced. Kemudian pada bagian Privacy and security, cari dan pilih opsi Site Settings. Dari halaman Site Settings, selanjutnya ketuk opsi Notifications. Tekan tombol slider yang sebaris dengan Ask before sending (recommended) untuk memblokir semua.

Atau cara yang lebih cepat, dari menu settings, pada bagian pencarian di paling atas, ketikkan “notifications” maka akan muncul Privacy and security, kemudian pilih Site Settings.

Setelah itu akan muncul sub2 menu, pilih yang Notifications.

Maka akan ada list atau daftar notifikasi dari berbagai web yang kita Allow di browser kita.

Jika ingin menghapus notif2 yang tidak penting, di bagian Allow pilih tombol Lainnya (ikon tiga titik di samping masing-masing situs), kemudian pilih Remove. Jika ingin memblokir situs atau aplikasi tertentu, maka pilih Block.

Android

Kita bisa menghilangkan notifikasi di Google Chrome dengan pencet tombol Lainnya (ikon titik tiga yang juga terdapat di pojok kanan atas), lalu masuk ke menu Settings.

Dari halaman Settings, kemudian pilih opsi Notifications. Setelah dilempar di halaman pengaturan App Notifications, selanjutnya tekan tombol slider on ke posisi off untuk memblokir semua situs dan aplikasi web.

Sedangkan untuk memblokir satu per satu, kita bisa menggulirkan layar ke bagian Sites, lalu menekan tombol slider ke posisi off pada masing-masing situs atau aplikasi web yang tidak diinginkan.

Selain menggunakan cara di atas, kita juga bisa menghilangkan notifikasi di Google Chrome dengan menggunakan mode Incognito atau penyamaran baik di desktop maupun android. Hanya saja, jika menggunakan mode ini, pemblokiran hanya berlaku untuk sementara waktu saja saat kita masih menggunakan mode tersebut. Semoga bermanfaat 🙂

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here