Untuk membuat sebuah program, kita membutuhkan sebuah aplikasi untuk menulis berbagai sintaks. Seperti Microsoft Word untuk menulis surat, skripsi, atau hal semacamnya, menulis sintaks diperlukan aplikasi yang proper. Salah satu aplikasi ngoding yang terkenal di kalangan programmer adalah Visual Studio Code.

Visual Studio Code atau sering disingkat VSCode merupakan text editor yang dibuat oleh Microsoft. Dirilis pertama kali pada tanggal 29 April 2015, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan karena fleksibel. VSCode dapat digunakan oleh berbagai macam bahasa pemrograman, mulai dari bahasa pemrograman website, bahasa Java atau C# untuk game, hingga Python. Ditambah lagi aplikasi ini gratis, sehingga pelajar maupun mahasiswa bisa menggunakannya tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Survey Stack Overflow Tahun 2021 untuk Pengguna Aplikasi IDE Terbanyak. https://s.id/7b

Kelebihan VSCode

Selain mendukung berbagai bahasa pemrograman, beberapa fitur unggulan VSCode adalah sebagai berikut :

Ekstensi yang Beragam

Banyak sekali ekstensi yang dapat mempermudah ngoding. Mulai dari pewarnaan untuk tampilan sintaks, compiler bagi frontend developer, hingga snippet untuk bahasa pemrograman framework.

Integrasi dengan GIT

Ditambah dengan interface-nya yang menarik, kita jadi tahu baris dan kode apa yang sudah diubah dan bisa langsung terintegrasi dengan git version control (github / gitlab / bitbucket).

Bisa Modifikasi Warna dan Tampilan

Bagi saya pribadi, kelebihan kecil ini dapat membantu agar barisan kode terlihat lebih menarik untuk dilihat sehingga ngoding pun tidak cepat bosan.

Multi Platform

Visual studio code dapat berjalan di banyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, dan Macintosh. Sehingga akan terbiasa dan nyaman walau berpindah OS.

Gratis

Yang tidak kalah penting dan menarik apalagi untuk pemula / pelajar adalah text editor visual studio code ini gratis sehingga tidak perlu lisensi.

Rekomendasi Tema VSCode

Beberapa rekomendasi tema ngoding di VSCode pilihan yukcoding :

Material Theme

One Dark Pro

Monokai

Rekomendasi Ekstensi VSCode

Ekstensi yang terlalu banyak di VSCode terkadang membuat bingung mana yang harus dipakai. Berikut beberapa ekstensi yang kami rekomendasikan :

Bracket Pair Colorizer

Dengan pewarnaan tanda kurung, kita tidak mudah ‘tersesat’ saat menambahkan barisan kode.

Prettier

Ekstensi ini membuat ngodingmu lebih rapi sehingga lebih nyaman dipandang, tak ada lagi tab atau spasi yang berlebih.

TODO Highlight

Meski hanya berfungsi sebagai penanda keterangan, ekstensi ini cukup membantu bila memiliki ratusan hingga baris kode.

Auto Rename Tag

Ekstensi ini memudahkan kita mengedit tag html karena ketika mengubah tag pembuka maka akan otomatis mengubah juga tag penutupnya.

Masih ada banyak ekstensi lainnya yang dapat kita tambahkan, tergantung kebutuhan dan bahasa pemrograman apa yang kalian pakai. Dengan bantuan berbagi ekstensi, ngoding bisa jadi lebih cepat dan efisien.

Performa software vscode membutuhkan spesifikasi device yang cukup memadai apabila menggunakan banyak ekstensi. Bila dipaksakan vscode justru akan memberatkan device.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, VSCode merupakan software text editor yang patut digunakan, apalagi sebagian besar programmer menggunakan VSCode sebagai alat perangnya.

Jadi, masih berpikir untuk menggunakan VSCode atau software lainnya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here