Jangan biarkan isu Corona membuat bisnis dan kerjaanmu jadi merana, karena Anda tetap bisa menjalankannya dari rumah dengan menggunakan software gratis! Gratis tidak berarti murahan karena, sudah banyak aplikasi bisnis yang berkualitas yang bisa Anda dapatkan secara cuma-Cuma.

Kali ini, yukcoding.id akan membagikan 5 software gratis bagi para pebisnis agar mereka tetap bisa mengelola bisnis mereka dari rumah untuk komunikasi, manajemen pekerjaan, team monitoring, kolaborasi dan pengelolaan keuangan.

Komunikasi :

WhatsApp / Slack / Skype / Telegram / etc

Meski bekerja dari rumah, Anda harus memastikan kalau komunikasi tetap berjalan lancar baik dengan klien maupun anak buah Anda. Tanpa komunikasi yang lancar, pekerjaan bisa terbengkalai dan berimbas pada kelancaran usaha.

Di masa sekarang, ada berbagai macam aplikasi messenger yang dapat memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Salah satu aplikasi messenger, terpopuler, WhatsApp sering dipilih orang-orang sebagai media komunikasi saat bekerja. Menurut Hootsuitewhatsapp merupakan aplikasi terpopuler dan digunakan orang-orang di 109 negara dengan persentase 55,6 persen. Ada juga Telegram dengan fitur seperti whatsapp yang biasanya digunakan untuk forum atau komunitas, karena bisa menampung lebih banyak member pada grupnya.

Selain itu, ada Slack yang diklaim sebagai aplikasi messenger yang efektif untuk bekerja. Didesain dengan tampilan yang minimalis, slack dibekali dengan berbagai macam fitur yang dapat mendukung bisnis Anda. Ada juga Skype yang dapat untuk video conference dengan banyak orang, cocok bagi para pebisnis yang ingin melakukan meeting tanpa perlu bertatap muka.

Manajemen Pekerjaan :

Trello / Asana / etc

Ketika Anda menangani beberapa pekerjaan, Anda membutuhkan asisten yang dapat membantu Anda dalam mengelolanya. Untuk itu, Anda bisa menggunakan software project management agar Anda bisa memantau projek yang Anda kelola dengan lebih efisien dan terkontrol.

Ada beberapa jenis software gratis yang bisa dipilih seperti Trello dan Asana. Trello merupakan aplikasi project management berbentuk papan yang berisi jurnal dan proyek pekerjaan. Selain Trello, ada Asana, software project management untuk mengatur, mengelola dan mengecek pekerjaan.

Team Monitoring :

Hubstaff / Officevibe / etc

Sebagai seorang pemimpin perusahaan, Anda membutuhkan software team monitoring untuk memantau anak buah Anda yang bekerja dari rumah. Dengan begitu, Anda bisa memastikan pekerjaan berjalan dengan lancar dan tugas-tugas bisa terselesaikan dengan baik.

Sekarang, ada software gratis untuk team monitoring seperti Hubstaff dan Officevibe yang dapat memantau pekerjaan anak buah Anda. Dengan begitu, pekerjaan dapat lebih mudah terpantau dan Anda bisa membantu pekerjaan perusahaan bisa berjalan lancar.

Kolaborasi :

Google Drive / Dropbox / Github / etc

Saat di kantor, Anda bisa membagi hasil pekerjaan atau memberikan contoh kepada teman kerja atau anak buah Anda secara langsung. Bagaimana kalau tidak di kantor, Anda bisa menggunakan Google Drive atau Dropbox. Disana, Anda bisa menyimpan pekerjaan Anda dan membagikannya dengan rekan kerja Anda dengan mudah.

Dengan hanya bermodalkan internet, Anda bisa membagikan pekerjaan sehingga, kolaborasi antar divisi atau rekan kerja bisa berjalan dengan baik. Selain itu, cloud storage juga cocok bagi semua jenis bisnis seperti bisnis jasa, jual-beli, food and beverage, digital service, dan pekerjaan lainnya.

Pengelolaan Keuangan :

Paper.id / Monefy / Financius / etc

Dalam sebuah perusahaan, aspek keuangan menyangkut banyak hal mulai dari pencatatan transaksi, pembukuan, hingga laporan keuangan. Pengelolaan keuangan secara manual bisa menyebabkan masalah, seperti kesalahan pencatatan dan perhitungan yang berakibat pada selisih angka dalam laporan keuangan.

Karena itu, Anda perlu mengandalkan software bisnis yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan. Paper.id merupakan salah satu software bisnis digital di Indonesia. Fitur invoice-nya membantu Anda dalam membuatnya dengan cepat, mengirimnya via whatsapp atau email serta invoice reminder agar pembayaran invoice bisa lunas sebelum jatuh tempo.

Selain itu Anda bisa mencoba Money dan Financius atau lain sebagainya. Biasanya ada juga fitur pengaturan stok, pembukuan, laporan keuangan digital payment. Pengelolaan keuangan bisa lebih mudah, praktis dan efisine dalam satu aplikasi.

Penutup

Gunakan bantuan aplikasi di atas agar bisnis dan kerjaan Anda tetap termonitor dengan baik walaupun tidak berada di kantor, sehingga progres dan hasil yang diharapkan sesuai dengan target. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here