Kenapa Bahasa Pemrograman Banyak Jenisnya

Halo semuanya, apakabar. Tetap semangat, semoga sehat selalu dan baik-baik saja.

Pernahkah terpikirkan kenapa ada banyak jenis bahasa pemrograman? Mengapa bila kita ingin membuat website harus menggunakan PHP atau ASP, sedangkan untuk mobile kita pakai Java? Tentu saja karena setiap bahasa program memiliki fungsi dan keperluannya sendiri-sendiri. Contohnya seperti halaman untuk membaca tulisan ini melalui website, yaitu bahasa pemrograman PHP.

Tapi, apakah hanya itu saja? Tentu bukan. Mari kita cari tahu dulu apa itu bahasa pemrograman.

Bahasa merupakan cara kita berkomunikasi, sedangkan pemrograman adalah sebuah perangkat lunak. Adanya perangkat lunak bertujuan untuk mempermudah kita untuk memerintahkan mesin-mesin pada perangkat keras. Bila disimpulkan, bahasa pemrograman adalah sebuah cara komunikasi antara kita, manusia, dengan perangkat keras.

Menurut sejarah, pada awalnya bahasa pemrograman belum semudah seperti sekarang. Bahasa mesin (bahasa yang hanya terdiri dari 0 dan 1) bisa disebut sebagai bahasa pemrograman. Seiring berjalannya waktu, bahasa pemrograman mengalami perkembangan hingga sekarang yang kita kenal baik dari segi bahasanya maupun kemudahannya.

Bila membahas tentang jenis bahasa pemrograman, biasanya ditentukan dari seberapa dekat dengan bahasa mesin. Oke, mari kita bahas secara singkat.

1. Bahasa Tingkat Rendah

Merupakan bahasa yang paling dekat dengan bahasa mesin / bahasa mesin itu sendiri. Karena dekat, eksekusi bahasanya cepat, namun sulit dipahami. Contoh yang sering disebutkan adalah bahasa mesin (machine language) atau bahasa assembly.

2. Bahasa Tingkat Menengah

Di tingkat ini, bahasa yang digunakan menggunakan bahasa manusia dan simbol. Dikarenakan lebih modern dari pendahulunya, bahasa ini bisa disebut sebagai sistem operasi. Contoh yang sering disebutkan dalam bahasa ini adalah C dan C#, yang juga digunakan untuk pembuatan sistem operasi Windows dan Linux.

3. Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa ini sudah mulai menyamai bahasa keseharian manusia, seperti if, else, for, while, dan sebagainya. Bahasa-bahasa pemrograman yang saat ini kita pelajari sebagian besar adalah bahasa tingkat tinggi, seperti PHP, Java, Python, Go, dan lain sebagainya.

Untuk tutorial bahasa pemrograman ini bisa teman-teman cek di yukcoding.github.io

Jadi, mustahil jika kamu ingin menguasai seluruh bahasa pemrograman yang ada. Sekarang bahasa pemrograman dibuat sesuai kebutuhan, jadi kita juga belajar bahasa pemrograman sesuai keperluan kita.

Referensi : https://s.id/2b, https://s.id/2c

Shania Arwinda:
Related Post
Disqus Comments Loading...
Leave a Comment